Nilai / Prinsip Dasar Pelayanan Elpidos

1. Prioritas Mengenal Tuhan dan Kehendak-Nya (Ayub 42:5; Yer 29:13-14)

Sangat penting bagi kami untuk menjalankan pelayanan ini dengan mendengarkan dari Tuhan keputusan-keputusan apa yang diambil dan menjalankan kehendaknya. Karena itu kami staf dan anak-anak berkomitmen untuk memelihara hubungan kami dengan Tuhan melalui saat teduh dan doa serta menjadikan ini sebagai gaya hidup.

2. Prioritas : Melayani Tuhan (Matius 22:37)
Kami semua tinggal di tempat ini dalam pandangan orang sebagai tempat yang sulit, staf harus bekerja keras dengan segala keterbatasan dan anak-anak harus hidup di tengah lingkungan yang sejujurnya mereka tidak ingini. Ini bukan sekedar pekerjaan yang kebetulan tetapi di lingkungan ini "kita langsung melayani hati Tuhan". Kami terus menjaga hati, pikiran dan jiwa kami untuk melayani dan memberikan yang terbaik bagi-Nya.

3. Identitas dan Nilai Diri (Mazmur 139:14; Kejadian 1:27)
Kami mepercayai 100% harga dan nilai kami di hadapan Tuhan. Mental seperti ini penting untuk melayani anak-anak yang bermasalah dengan identitas dan nilai diri mereka. Komitmen pengajaran kami bahwa anak-anak harus percaya bahwa di hadapan Tuhan mereka dan anak-anak di luar sana, "kami sama nilainya".

4. Kehambaan (Filipi 2:3-8; Matius 20:26-28)
Gaya hidup melayani sebagai hamba adalah suatu kekuatan dimana kerendahan hati ada di dalamnya bekerja mengalahkan kekerasan hati khususnya pada kebenaran Firman Tuhan.

5. Kapasitas Remaja dan Anak-Anak (Mazmur 8:3; Matius 19:13-14; Matius 18:20)
Sesuai visi kami untuk menjangkau anak-anak dan bekerja dalam kehidupan mereka. Kami percaya mereka dapat bertumbuh, memiliki talenta dan memiliki kemampuan menjadi pengubah dunia dan mampu melayani Tuhan.

6. Keluarga dalam Pelayanan (Kejadian 1:28; 18:17-19; Matius 13:55-56)
Menjadi "spiritual parents (orangtua rohani)" bagi anak adalah suatu usaha agar mereka merasa diterima dan tidak cukup memberi mereka makan dan sekolah karena pentingnya hidup bertumbuh di mana kita saling melayani, memberi, memberkati orang lain lewat kesatuan dan ini hanya didapat kalau kita terlebih dahulu memposisikan diri kita sebagai orang tua membangun  keluarga dan anak-anak termasuk di dalamnya.

7. Membagi Hati Tuhan (Yohanes 15:15; Matius 18:14)
Sangat penting untuk mengajak anak-anak dekat dengan Tuhan dan membagi hati-Nya, mendengar isi hati-Nya, mendoakan doa-Nya serta peka terhadap orang-orang dan situasi yang lagi dalam perhatian Tuhan.

8. Pelayanan Kasih (Yesaya 61:1-4; 58:6-7)
Yesus meminta kita agar memberikan waktu kita untuk memberkati orang yang sakit, sendirian, miskin, tertolak, dilecehkan, diabaikan. Ini dilakukan karena itulah prioritas melayani Tuhan.

9. Pentingnya Kerjasama / Jaringan Kerja (Yohanes 17:20-23)
Kami sangat terbuka dengan bantuan dan kerja sama dari individu, keluarga, gereja, badan sosial, organisasi dll. Selama kerja sama ini berjalan sesuai dengan nilai-nilai Firman Tuhan. Kalau kami sebagai kaki berarti kami butuh tangan, mata dan anggota tubuh lainnya untuk bisa bekerja. Dengan saling melengkapi, kita bersama-sama melayani Tuhan yang sebagai kepala.




Free Blog Counter